Skip to main content

Pembahasan operasi hitung bilangan cacah Kelas 5 Sekolah Dasar

Operasi hitung bilangan cacah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam hal perdagangan, kegiatan sosial bahkan dalam macam-macam peristiwa kehidupan. 

Bacalah cerita berikut ini:

"Wah air memang penting bagi kehidupan kita ya!" kata Beni. "Aku tidak dapat membayangkan jika tidak ada air bersih untuk mandi!"

"Iya, ya, ben! bahkan air bersih di beberapa tempat di Indonesia merupakan barang yang langka dan mahal, Ben!" kata Dayu."Aku pernah baca di sebuah artikel, harga air per drum berisi seribu liter air bersih, dapat mencapai Rp37.000,00 hingga  Rp85.000,00 di Jakarta!" 

"Mahal sekali! coba kita hitung! Jika saya punya uang Rp50.000,00 , berapa kembalian yang akan saya terima setelah membeli satu drum air bersih seharga Rp37.000,00?" tanya Beni.



Ayo kita bantu Beni untuk menemukan jawaban atas pertanyaannya dengan

membuat persamaan sebagai berikut:
50.000 = 37.000 + ______
50.000 – 37.000 = 13.000
Jadi kembalian yang akan diterima Beni sebesar Rp 13.000,00.

Coba perhatikan soal soal latihan berikut ini:

Tuliskan jawabanmu dalam bentuk persamaan matematika.

1.  Aku adalah sebuah bilangan genap. Jika aku ditambahkan dengan 25 hasilnya
menjadi 49. Bilangan berapakah aku?_________

2.  Aku adalah sebuah bilangan yang terdiri atas puluhan dan satuan. Aku
adalah bilangan ganjil. Jika bilangan 689 dikurangi aku, hasilnya menjadi 648
Bilangan berapakah aku? _________

3.  Jika aku ditambahkan dengan bilangan 1.020 akan menghasilkan bilangan
2.000. Bilangan berapakah aku? _________

Pembahasan:
1.  ____ + 25 = 49
           49 - 25 = 24
          24 + 25 = 49

bilangan genap yang jika ditambahkan dengan 25 hasilnya 49 adalah 24

2.    689 - _____  = 649
        689  - 648     =  51
        689 - 51         = 649

Bilangannya adalah 51

3. ___ + 1.020 = 2.000
    2.000 - 1.020 = 80
    80 + 1.020   = 2.000

Aku adalah bilangan 80


           


Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman Materi Himpunan dalam Matematika

A. Pengertian Himpunan Himpunan adalah kumpulan benda atau objek yang dapat didefinisikan dengan jelas. Anggota himpunan disebut anggota  atau elemen himpunan . Contoh: 1. A adalah himpunan nama kota di Jawa Tengah. Anggota himpunan A adalah Purwokerto, Semarang, Kebumen, Solo, dan lain-lainnya. 2. B adalah himpunan bilangan bulat lebih dari -3. Anggota himpunan B adalah bilangan -2,-1,0,1,2,3, ... B. Notasi Himpunan Penulisan himpunan ditandai dengan adanya kurung kurawal {}. Penulisan himpunan berkelanjutan dituliskan menggunakan tanda titik sebanyak tiga buah (...) untuk mengganti anggota himpunan lain yang tidak dapat dituliskan satu persatu. Anggota atau elemen suatu himpunan dinyatakan dengan notasi  Bila bukan anggota himpunan dinyatakan dengan notasi    . Misalkan A adalah suatu himpunan, maka bilangan yang menyatakan banyak anggota himpunan A disebut bilangan kardinal . Banyaknya anggota suatu himpunan A dituliskan dengan n(A). Misalnya, hi...

Pembahasan soal-soal membandingkan bilangan bulat untuk SMP kls VII kurikulum 2013 (bag.1)

1. Soal: Diketahui bilangan bulat positif M  dan bilangan bulat negatif N . Bilangan M  tersusun dari 2 angka, sedangkan bilangan N  tersusun dari 5 angka. Manakah bilangan yang lebih besar? jelaskan. Pembahasan: M > N , alasan bilangan bulat positif selalu lebih besar dari bilangan bulat negatif, tanpa memperhatikan angka  penyusunnya. 2. Soal: Diketahui bilangan bulat positif K  dan bilangan bulat negatif L. Bilangan K  tersusun dari 4 angka, sedangkan bilangan L  tersusun dari 5 angka. Manakah yang lebih besar? Jelaskan Pembahasan: K  > L, alasan bilangan bulat positif selalu lebih besar dari bilangan bulat negatif, tanpa memperhatikan angka penyusunnya , meskipun angka penyusun bilangan L  lebih banyak dari angka penyusun bilangan K  namun karena L  bilangan bulat negatif maka nilainya lebih kecil dari bilangan K . 3. Soal : Diketahui bilangan A dan B adalah bilangan bulat negatif. Bilan...

Pembahasan Soal-soal Matematika Pembagian Bentuk Aljabar untuk Kls VIII semester 1 kurikulum 2013

Tentukan hasil bagi bentuk aljabar berikut: 1.    2.                                                      _                                                        -                                                                               -                                                                 ...