Friday 22 August 2014

Pembahasan konsep Pengurangan bentuk pangkat (Eksponen) bag 1

Sifat:


  •  






Pembahasan:                                                                             










                       

          





 
                     

         

Pembahasan operasi hitung bilangan cacah Kelas 5 Sekolah Dasar

Operasi hitung bilangan cacah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam hal perdagangan, kegiatan sosial bahkan dalam macam-macam peristiwa kehidupan. 

Bacalah cerita berikut ini:

"Wah air memang penting bagi kehidupan kita ya!" kata Beni. "Aku tidak dapat membayangkan jika tidak ada air bersih untuk mandi!"

"Iya, ya, ben! bahkan air bersih di beberapa tempat di Indonesia merupakan barang yang langka dan mahal, Ben!" kata Dayu."Aku pernah baca di sebuah artikel, harga air per drum berisi seribu liter air bersih, dapat mencapai Rp37.000,00 hingga  Rp85.000,00 di Jakarta!" 

"Mahal sekali! coba kita hitung! Jika saya punya uang Rp50.000,00 , berapa kembalian yang akan saya terima setelah membeli satu drum air bersih seharga Rp37.000,00?" tanya Beni.



Ayo kita bantu Beni untuk menemukan jawaban atas pertanyaannya dengan

membuat persamaan sebagai berikut:
50.000 = 37.000 + ______
50.000 – 37.000 = 13.000
Jadi kembalian yang akan diterima Beni sebesar Rp 13.000,00.

Coba perhatikan soal soal latihan berikut ini:

Tuliskan jawabanmu dalam bentuk persamaan matematika.

1.  Aku adalah sebuah bilangan genap. Jika aku ditambahkan dengan 25 hasilnya
menjadi 49. Bilangan berapakah aku?_________

2.  Aku adalah sebuah bilangan yang terdiri atas puluhan dan satuan. Aku
adalah bilangan ganjil. Jika bilangan 689 dikurangi aku, hasilnya menjadi 648
Bilangan berapakah aku? _________

3.  Jika aku ditambahkan dengan bilangan 1.020 akan menghasilkan bilangan
2.000. Bilangan berapakah aku? _________

Pembahasan:
1.  ____ + 25 = 49
           49 - 25 = 24
          24 + 25 = 49

bilangan genap yang jika ditambahkan dengan 25 hasilnya 49 adalah 24

2.    689 - _____  = 649
        689  - 648     =  51
        689 - 51         = 649

Bilangannya adalah 51

3. ___ + 1.020 = 2.000
    2.000 - 1.020 = 80
    80 + 1.020   = 2.000

Aku adalah bilangan 80