Skip to main content

Pembahasan dan jawaban soal-soal mengenai perbandingan untuk smp kls 7 kurikulum 2013

1. Pembibitan karet UD Mutiara Hijau, Desa Pargarutan Baru, memproduksi bibit unggul untuk varietas tanaman karet dengan target produksi 1.500 liter getah karet dari 200 pohon. Berapa banyak karet yang dapat dihasilkan satu pohon karet?

Pembahasan:




Jadi satu pohon karet dapat menghasilkan 7,5 liter getah karet.


2. Jantung tikus berdetak 840 kali dalam 2 menit, jantung marmut berdetak 1.200 kali dalam 4 menit, dan jantung kelinci berdetak 1.025 kali dalam 5 menit. Hewan manakah yang berdetak lebih banyak dalam 1 jam?

Pembahasan:










Jantung tikus berdetak 420 kali dalam 1 menit.
Jantung marmut berdetak 300 kali dalam 1 menit.
Jantung kelinci berdetak 205 kali dalam 1 menit.


  • Jantung tikus berdetak dalam satu jam = 420 kali x 60 menit = 25.200 kali/jam
  • Jantung marmut berdetak dalam satu jam = 300 kali x 60 menit = 18.000 kali/jam
  • Jantung kelinci berdetak dalam satu jam = 205 kali x 60 menit = 12.300 kali/jam
Jadi jantung tikus lebih banyak berdetak dalam satu jam.

3. Ulul adalah seorang koki di Hotel. Dia sedang mengubah resep makanan untuk menjamu tamu hotel yang semakin bertambah banyak karena musim liburan. Resep yang telah dibuat sebelumnya adalah 2 gelas takar tepung terigu yang dapat dibuat 3 lusin kukis. Jika dia mengubah resepnya menjadi 12 takar tepung terigu, berapa lusin kukis yang dapat dibuatnya?

Pembahasan:

  • 2 takar  terigu                                        3 lusin kukis
  • 12 takar terigu                                       x lusin kukis











Jadi kukis yang dapat dibuat adalah 18 lusin


4. Rafi mencatat 60% dari teman sekelasnya adalah perempuan dan dia menyimpulkan bahwa perbandingan perempuan terhadap laki-laki adalah 3 : 5. Apakah kesimpulannya benar? jelaskan.

Pembahasan:

Kesimpulannya benar,

60 % 



Jadi 60% sama dengan 3 : 5

Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman Materi Himpunan dalam Matematika

A. Pengertian Himpunan Himpunan adalah kumpulan benda atau objek yang dapat didefinisikan dengan jelas. Anggota himpunan disebut anggota  atau elemen himpunan . Contoh: 1. A adalah himpunan nama kota di Jawa Tengah. Anggota himpunan A adalah Purwokerto, Semarang, Kebumen, Solo, dan lain-lainnya. 2. B adalah himpunan bilangan bulat lebih dari -3. Anggota himpunan B adalah bilangan -2,-1,0,1,2,3, ... B. Notasi Himpunan Penulisan himpunan ditandai dengan adanya kurung kurawal {}. Penulisan himpunan berkelanjutan dituliskan menggunakan tanda titik sebanyak tiga buah (...) untuk mengganti anggota himpunan lain yang tidak dapat dituliskan satu persatu. Anggota atau elemen suatu himpunan dinyatakan dengan notasi  Bila bukan anggota himpunan dinyatakan dengan notasi    . Misalkan A adalah suatu himpunan, maka bilangan yang menyatakan banyak anggota himpunan A disebut bilangan kardinal . Banyaknya anggota suatu himpunan A dituliskan dengan n(A). Misalnya, hi...

Pembahasan soal-soal membandingkan bilangan bulat untuk SMP kls VII kurikulum 2013 (bag.1)

1. Soal: Diketahui bilangan bulat positif M  dan bilangan bulat negatif N . Bilangan M  tersusun dari 2 angka, sedangkan bilangan N  tersusun dari 5 angka. Manakah bilangan yang lebih besar? jelaskan. Pembahasan: M > N , alasan bilangan bulat positif selalu lebih besar dari bilangan bulat negatif, tanpa memperhatikan angka  penyusunnya. 2. Soal: Diketahui bilangan bulat positif K  dan bilangan bulat negatif L. Bilangan K  tersusun dari 4 angka, sedangkan bilangan L  tersusun dari 5 angka. Manakah yang lebih besar? Jelaskan Pembahasan: K  > L, alasan bilangan bulat positif selalu lebih besar dari bilangan bulat negatif, tanpa memperhatikan angka penyusunnya , meskipun angka penyusun bilangan L  lebih banyak dari angka penyusun bilangan K  namun karena L  bilangan bulat negatif maka nilainya lebih kecil dari bilangan K . 3. Soal : Diketahui bilangan A dan B adalah bilangan bulat negatif. Bilan...

Pembahasan Soal-soal Matematika Pembagian Bentuk Aljabar untuk Kls VIII semester 1 kurikulum 2013

Tentukan hasil bagi bentuk aljabar berikut: 1.    2.                                                      _                                                        -                                                                               -                                                                 ...